Advertisement

2016, UI Tingkatkan Status Program Ketahanan Nasional-JPNN.com

JAKARTA- Program Pasca Sarjana Universitas Indonesia (UI) akan memiliki sekolah pasca sarjana baru, sekolah itu adalah Ketahanan Nasional. Rencananya, Ketahanan Nasional yang awalnya hanya program studi, akan berdiri sendiri menjadi sekolah mulai 2016 mendatang dan akan dibuka juga program S3.

Kepastian rencana bakal berubahnya status ini mulai digaungkan dalam seminar 'Aktualisasi Kajian Multidiplin Dalam pengembangan Program Studi Ketahanan Nasional,' untuk memperingati HUT ke-32 Program Ketahanan Nasional, di Balai Sidang UI, Depok, Rabu (30/9) siang.

Menurut Wakil Rektor UI Bidang Akademik, Prof. Bambang Wibawarta, saat ini perubahan status ini sedang dalam masa persiapan. 

"Program ketahanan nasional telah membuktikan sebagai kajian multidisiplin. Ketahanan bukan hanya soal militer, tapi bisa ketahanan pangan, ketahanan budaya dan sebagainya. Semua problem negara ini, bisa dilihat dari pendekatan Ketahanan Nasional," katanya saat memberikan sambutan.

"Harapannya, nanti dari Kajian Ketahanan Nasional ini, akan banyak masukan kepada negara. Untuk perubahan statusnya, mudah-mudahan tahun depan sudah menjadi Sekolah," imbuhnya lantas membuka seminar.

Dalam seminar ini, empat pembicara Prof. Wan Usman, Prof Ronny Nitibaskara, Dr Abdul Rivai Ras, dan Drs Syah Firman Fadhillah, memperkuat bahwa saat ini masalah negara yang terus berkembang seiring globalisasi, semakin relevan bsia dicarikan solusinya dengan pendekatan Multi Disiplin. (dkk/jpnn)

jawapos group

Related Sites

    
OK