Advertisement

Sampoerna Academy rekrut siswa program “Fastrack-USA”

Jakarta ( ) – Sebanyak 100 siswa berprestasi dari 12 provinsi di Indonesia bergabung di Sampoerna Academy Boarding School, Bogor, untuk mendapatkan pendidikan berkualitas tingkat SMA berstandar internasional selama tiga tahun dalam program “Fastrack-USA”.

“Putera Sampoerna Foundation terus melanjutkan komitmennya untuk mencetak generasi penerus bangsa berkaliber tinggi dengan menyediakan akses pendidikan berkualitas di Sampoerna Academy bagi siswa-siswi berprestasi,” kata Head of Sampoerna Academy Boarding School, Hairun Gani dalam siaran pers di Jakarta, Rabu.

Para siswa-siswi terpilih tersebut telah melewati serangkaian proses seleksi ketat yang meliputi pra-seleksi pendataan dokumen, tes potensi akademis, tes wawancara, Focus Group Discussion hingga kunjungan langsung ke rumah calon siswa (home visit).

Menurut Hariun, penerimaan siswa berprestasi merupakan bagian dari wujud nyata Putera Sampoerna Foundation untuk mencetak sumber daya manusia berkualitas melalui peningkatan kualitas pendidikan.

Putera Sampoerna Foundation memahami bahwa kualitas pendidikan Indonesia masih perlu ditingkatkan agar dapat berkompetisi secara global, tercermin dari fakta bahwa dari 40 negara yang termasuk dalam laporan “Learning Curve Pearson 2014”, Indonesia menempati peringkat terakhir dalam hal pencapaian pendidikan.

Bahkan, Indonesia menempati peringkat ke-64 dari 65 negara yang termasuk dalam peringkat pendidikan global PISA dalam bidang matematika dan sains.

Sejak didirikan pada tahun 2001, Putera Sampoerna Foundation fokus memberikan akses pendidikan berkualitas bagi siswa-siswi berprestasi dari keluarga pra sejahtera guna mencetak generasi penerus bangsa yang berkaliber tinggi serta dapat memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan dapat berkompetisi secara global.

Putera Sampoerna Foundation memiliki kerja sama dengan lebih dari 34 mitra/donor. Dana bantuan pendidikan (student assistance) diberikan selama tiga tahun penuh kepada siswa-siswi yang memiliki prestasi baik akademik dan maupun non-akademik, yakni dengan melihat pentingnya karakter kepemimpinan yang kuat sebagai harapan di masa depan mereka dapat berkontribusi balik secara positif bagi komunitasnya.

“Kami berharap akan lebih banyak lagi mitra, baik korporasi, pemerintah maupun individu yang memiliki kesadaran terhadap peningkatan kualitas pendidikan di Tanah Air,” ujar Hairun Gani.

Sampoerna Academy Boarding School menerapkan kurikulum internasional berkualitas, berbahasa Inggris dan berfokus pada pendidikan dengan pendekatan Science, Technology, Engineering dan Math (STEM).

Para siswa-siswi baru ini sekaligus merupakan angkatan pertama yang akan menjalankan program Fastrack-USA, jalur akselerasi paling cepat dan fleksibel untuk mendapatkan gelar sarjana dari Amerika Serikat yang diinisiasi oleh Sampoerna Schools System.

Sementara itu, Kepala Sekolah Sampoerna Academy Boarding School, Reynold B Hutabarat mengatakan, melalui pendidikan berkarakter serta pendidikan dengan pendekatan STEM yang diterapkan, kelak putra-putri terpilih ini dapat menjadi pemimpin bangsa yang tangguh dan siap dalam menghadapi persaingan global.

“Program ini telah diakreditasi secara internasional oleh Southern Association of Colleges and Schools (SACS) serta memungkinkan transfer secara langsung dan mudah seluruh satuan kredit semester yang diperoleh di Indonesia ke lebih dari 1.000 universitas kelas dunia di Amerika Serikat,” ujar Reynold.

edukasi antara

Related Sites

    
OK