Advertisement

Seleksi Mandiri Perguruan Tinggi Negeri (PTN)

Seleksi masuk Perguruan Tinggi Negeri (PTN) saat ini hanya boleh mengambil mahasiswa dari jalur mandiri sebesar 40 persen, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 66 Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan yang mengatur kuota mahasiswa baru dari jalur seleksi nasional sebesar 60 persen, sisanya seleksi mandiri.

Dengan adanya PP Nomor 66 Tahun 2010 yang resmi ditetapkan sejak 28 September 2010, maka sistem perekrutan mahasiswa baru oleh PTN memang diatur sedemikian rupa hingga jalur mandiri hanya diberikan kuota 40 persen.

Sebagian besar mahasiswa baru PTN memang diprioritaskan dari jalur seleksi nasional, bukan jalur mandiri, sebab PTN tidak bisa melanggar batas masing-masing kuota yang telah ditetapkan dan secara tidak langsung menjawab ketakutan perguruan tinggi swasta (PTS) yang sering dianggap mengambil mahasiswa baru dari jalur mandiri terlalu besar sehingga mempersempit persaingan.

Terkait dengan PP Nomor 66 Tahun 2010,  peraturan tersebut mengatur pula pengelolaan keuangan PTN, di antaranya PTN yang masih berstatus badan hukum milik negara (BHMN) harus menggunakan pengelolaan keuangan badan layanan umum (BLU). Keputusan itu harus segera dijalankan dan hingga 2012 seluruh PTN harus berstatus BLU, sedangkan untuk pengaturan kuota mahasiswa baru sudah akan diterapkan pada penerimaan tahun 2011.

Sumber, Rektor Universitas Negeri Semarang, Profesor Sudijono Sastroatmodjo.

Related Sites

OK